We provide services including consultancy, training, implementation, customization and maintenance support.

Friday 17 April 2020

Doa meminta Ilmu, Rizki dan Amal



"Ya Allaah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfa'at, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima." (HR. Ibnu Majah)
Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallama apabila shalat shubuh ketika selesai salam beliau mengatakan : “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amalan yang diterima.”
(HR. Ibnu Majah)


1.      Ilmu yang bermanfaat
BerIlmu tetapi tidak berAmal: Yahudi/ Orang2 yang dimurkai
BerAmal tetapi tidak berIlmu: Nasrani/ Orang2 yang sesat
Dahulu Rasulullah senantiasa memanjatkan doa yang penuh berkah ini selepas shalat subuh, waktu seseorang memulai aktivitasnya. Saat itu, adalah sangat penting bagi seseorang meminta tiga hal ini.
Perhatikanlah, Rasulullah memulai doa ini dengan meminta ilmu yang bermanfaat sebelum meminta yang selainnya. Ini mengandung isyarat bahwa ilmu yang bermanfaat lebih diutamakan dan lebih didahulukan. Dengan ilmu yang bermanfaat tersebut, seseorang akan mampu membedakan amalan, yang saleh dan yang jelek. Ia pun akan jeli memilah, mana rezeki yang halal dan yang haram.
"Ilmu yang bermanfaat" adalah ilmu yang bisa diambil manfaat untuk dirinya sendiri sekaligus memberi manfaat kepada orang lain.
2.      Rizki yang baik
"Rezeki yang thayyib" adalah yang halal, baik zatnya maupun cara mendapatkannya.
8 MACAM REZEKI DARI ALLAH

1⃣ Rezeki Yang Telah Dijamin.

۞ وَمَا مِن دَآبَّةٍ۬ فِى ٱلۡأَرۡضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزۡقُهَا وَيَعۡلَمُ مُسۡتَقَرَّهَا وَمُسۡتَوۡدَعَهَا‌ۚ كُلٌّ۬ فِى ڪِتَـٰبٍ۬ مُّبِينٍ۬ (٦)

"Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya." (QS. Hud : 6)

2⃣ Rezeki Karena Usaha.

وَأَن لَّيۡسَ لِلۡإِنسَـٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ (٣٩)
"Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya."
(QS. An-Najm : 39).

3⃣. Rezeki Karena Bersyukur.

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕن شَڪَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡ‌ۖ وَلَٮِٕن ڪَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ۬ (٧)
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu." (QS. Ibrahim : 7)

4⃣. Rezeki Tak Terduga.

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُ ۥ مَخۡرَجً۬ا (٢) وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌ۚ
"Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH niscaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya."
(QS. At-Thalaq : 2-3).

5⃣. Rezeki Karena Istighfar.

فَقُلۡتُ ٱسۡتَغۡفِرُواْ رَبَّكُمۡ إِنَّهُ ۥ كَانَ غَفَّارً۬ا (١٠) يُرۡسِلِ ٱلسَّمَآءَ عَلَيۡكُم مِّدۡرَارً۬ا (١١) وَيُمۡدِدۡكُم بِأَمۡوَٲلٍ۬
"Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.”
(QS. Nuh : 10-11).

6⃣. Rezeki Karena Menikah.

وَأَنكِحُواْ ٱلۡأَيَـٰمَىٰ مِنكُمۡ وَٱلصَّـٰلِحِينَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَإِمَآٮِٕڪُمۡ‌ۚ إِن يَكُونُواْ فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضۡلِهِۦ‌ۗ وَٱللَّهُ وَٲسِعٌ عَلِيمٌ۬ (٣٢)
"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya." Dan Allah Maha luas [pemberian-Nya] lagi Maha Mengetahui. 
(QS. An-Nur : 32). 


7⃣. Rezeki Karena Anak.

وَلَا تَقۡتُلُوٓاْ أَوۡلَـٰدَكُمۡ خَشۡيَةَ إِمۡلَـٰقٍ۬‌ۖ نَّحۡنُ نَرۡزُقُهُمۡ وَإِيَّاكُمۡ‌ۚ إِنَّ قَتۡلَهُمۡ ڪَانَ خِطۡـًٔ۬ا كَبِيرً۬ا (٣١)
"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.” (QS. Al-Israa' : 31).

8⃣. Rezeki Karena Sedekah.

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقۡرِضُ ٱللَّهَ قَرۡضًا حَسَنً۬ا فَيُضَـٰعِفَهُ ۥ لَهُ ۥۤ أَضۡعَافً۬ا ڪَثِيرَةً۬‌ۚ وَٱللَّهُ يَقۡبِضُ وَيَبۡصُۜطُ وَإِلَيۡهِ تُرۡجَعُونَ (٢٤٥)
"Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan [rezki] dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS. Al-Baqarah : 245)
3.      Amalan yang diterima
BerIlmu tetapi tidak berAmal: Yahudi/ Orang2 yang dimurkai
BerAmal tetapi tidak berIlmu: Nasrani/ Orang2 yang sesat
Adapun "amalan yang diterima" maksudnya ialah diterima di sisi-Nya dan bisa mendatangkan pahala. (2)
Sungguh, doa ini memiliki manfaat yang agung. Di dalamnya terdapat faidah yang besar. Sangat baik seorang muslim untuk mengamalkannya setiap hari, lalu menyusulnya dengan amalan untuk meraih apa yang dimintanya.
إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang shaleh. (HR.Muslim)

0 comments:

Post a Comment