We provide services including consultancy, training, implementation, customization and maintenance support.

Friday 17 April 2020

Doa Meminta Petunjuk, Ketakwaan, Keterjagaan dan Kekayaan



PETUNJUK: 
1:6-7: TUNJUKILAH kami jalan yang lurus,(6) [yaitu] jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni‘mat kepada mereka; bukan [jalan] mereka yang dimurkai [orang-orang yang mengetahui kebenaran dan meninggalkannya/Yahudi], dan bukan [pula jalan] mereka yang sesat [orang-orang yang meninggalkan kebenaran karena ketidaktahuan dan kejahilan/Nasrani]. (7)
2:2: Kitab [Al Qur’an] ini tidak ada keraguan padanya; PETUNJUK bagi mereka yang bertakwa,
5:105: Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat PETUNJUK.
3:138: [Al Qur’an] ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan PETUNJUK serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.
Ya Allah ampunilah aku, sayangii aku, tutuplah aib-aibku, angkatlah derajatku berilah aku rezeki, Berilah aku PETUNJUK, jadikanlah aku sehat, maafkanlah aku).
HIDAYAH: Ilham, Panca Indera, Akal, Agama dan Syari’at, Taufik

KETAQWAAN:
25:74: Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati [kami], dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang BERTAKWA.
2:282 Dan BERTAKWALAH kepada Allah; ALLAH MENGAJARMU; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
7:96: Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan BERTAKWA, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.
65:2-4: Barangsiapa yang BERTAKWA kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (2) Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (3) Dan barangsiapa yang BERTAKWA kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (4)
10:62-64: Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak [pula] mereka bersedih hati. (62) [Yaitu] orang-orang yang BERIMAN DAN MEREKA SELALU BERTAKWA. (63) BAGI MEREKA BERITA GEMBIRA DI DALAM KEHIDUPAN DI DUNIA DAN [DALAM KEHIDUPAN] DI AKHIRAT. Tidak ada perubahan bagi kalimat-kalimat [janji-janji] Allah. Yang demikian itu adalah kemenangan yang besar. (64)
3:133:Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada SURGA YANG LUASNYA SELUAS LANGIT DAN BUMI yang disediakan untuk orang-orang yang BERTAKWA, 
49:13: Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling BERTAKWA di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
78:31-36: Sesungguhnya orang-orang yang BERTAKWA mendapat kemenangan,
(yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). Di dalamnya mereka tidak mendengar perkataan yang sia-sia dan tidak (pula) perkataan dusta.
Sebagai pembalasan dari Tuhanmu dan pemberian yang cukup banyak,
52:17: Sesungguhnya orang-orang yang BERTAKWA berada dalam surga dan kenikmatan,
44:51-57: Sesungguhnya orang-orang yang BERTAKWA berada dalam tempat yang aman, (51) [yaitu] di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (52) mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, [duduk] berhadap-hadapan, (53) demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari. (54) Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman [dari segala kekhawatiran] [3]. (55) mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, (56) sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar. (57)

KETERJAGAAN:  Artinya terhindar dari segala maksiat dan keburukan.
29:45: Sesungguhnya shalat itu mencegah dari [perbuatan-perbuatan] KEJI dan MUNGKAR
Ya ALLAH, perlihatkanlah kepada kami yang benar itu benar, dan kurniakanlah kami untuk dapat mengikutinya. Dan perlihatkanlah kepada kami yang salah itu salah, dan kurniakanlah kami untuk dapat menghindarinya.

KEKAYAAN:  KAYA bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun KAYA (ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup. (HR. Bukhari dan Muslim)
Tidak apa-apa dengan KAYA bagi orang yang bertakwa. Dan sehat bagi orang yang bertakwa itu lebih baik dari KAYA. Dan bahagia itu bagian dari kenikmatan. (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)
Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): “Wahai Adam!/manusia Habiskanlah waktumu untuk beribadah kepada-Ku; niscaya Aku isi dadamu dengan perasaan KAYA dan Aku tutup lubang-lubang keMISKINanmu. Dan jika engkau tidak berbuat demikian Aku isi tanganmu dengan kesulitan dan tidak Aku tutup lubang-lubang keMISKINanmu.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah & Hakim dari Abu Hurairah)
-------
107:1-7: Tahukah kamu [orang] yang mendustakan agama? (1) Itulah orang yang menghardik anak yatim, (2) dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (3) Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (4) [yaitu] orang-orang yang lalai dari shalatnya, (5) orang-orang yang berbuat riya’, (6) dan enggan [menolong dengan] barang berguna. (7)

47:7: “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Wasiat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam Kepada Abu Dzar Al-Ghifari
Dari Abu Dzar Radhiyallahu 'anhu , ia berkata: “Kekasihku (Rasulullah) Shallallahu 'alaihi wa sallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal: (1) supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, (2) beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku, (3) beliau memerintahkan agar aku menyambung silaturahmiku meskipun mereka berlaku kasar kepadaku, (4) aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan lâ haulâ walâ quwwata illâ billâh (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah), (5) aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit, (6) beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam berdakwah kepada Allah, dan (7) beliau melarang aku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia”.
(HR. Ahmad, ath-Thabrani, Ibnu Hibban, Abu Nu’aim, al-Baihaqi).

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Orang-orang faqir kaum Muslimin akan memasuki surga sebelum orang-orang kaya (dari kalangan kaum Muslimin) selama setengah hari, yaitu lima ratus tahun". (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dalam hadits yang lain Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berdo’a agar mencintai orang-orang miskin. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar aku dapat melakukan perbuatan-perbuatan baik, meninggalkan perbuatan munkar, mencintai orang miskin, dan agar Engkau mengampuni dan menyayangiku. Jika Engkau hendak menimpakan suatu fitnah (malapetaka) pada suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak terkena fitnah itu. Dan aku memohon kepada-Mu rasa cinta kepada-Mu, rasa cinta kepada orang-orang yang mencintaimu, dan rasa cinta kepada segala perbuatan yang mendekatkanku untuk mencintai-Mu". (HR.Ahmad, at-Tirmidzi, dan al-Hakim)

"Kalian hanyalah mendapat PERTOLONGAN DAN REZEKI dengan sebab adanya orang-orang lemah dari kalangan kalian".(HR. al-Bukhari)

"Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan sebab orang-orang lemah mereka di antara mereka, yaitu dengan DOA, SHALAT, DAN KEIKHLASAN mereka".(HR. an-Nasâ`i)

“Orang yang membiayai kehidupan para JANDA DAN ORANG-ORANG MISKIN bagaikan orang yang berjihad fii sabiilillaah.” –Saya (perawi) kira beliau bersabda-, “Dan bagaikan orang yang shalat tanpa merasa bosan serta bagaikan orang yang berpuasa terus-menerus” (HR. Muslim).

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan NIKMAT Allah padamu” (HR. Muslim).

2:282 Dan BERTAKWALAH kepada Allah; ALLAH MENGAJARMU; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
1. Dari Aisyah, ra, bahwa Nabi Saw bersabda, “Bacaan AL-QUR’AN di dalam SHALAT lebih baik daripada bacaan AL-QUR’AN di luar SHALAT. Bacaan AL-QUR’AN di luar SHALAT lebih baik daripada membaca TASBIH & TAKBIR. Membaca TASBIH & TAKBIR lebih baik daripada SEDEKAH. SEDEKAH lebih baik daripada PUASA. Dan PUASA adalah perisai dari api neraka”. (HR.Baihaqi)
2. ”MADU adalah penawar bagi setiap penyakit, dan AL-QUR’AN adalah penawar bagi penyakit yang terdapat di dalam dada (HATI), maka hendaklah kalian menggunakan dua terapi penyembukan penyakit dengan MADU dan AL-QUR’AN.” (Ibnu Majah dan Al-Hakim)
3. “Wahai Aisyah bahwa rumah yang tiada KURMA di dalamnya adalah kelaparan bagi penghuninya.” Lalu Nabi berkata lagi, “Bahwa rumah yang tiada KURMA di dalamnyaadalah kelaparan bagi penghuninya.” Hingga Nabi mengatakan kalimat yang sama sampai tiga kali.” (HR.Muslim)
4. “Ada 5 tanda kesucian (kebersihan) seseorang yaitu KHITAN (sunat), memangkas KUMIS, memangkas BULU KETIAK, memotong KUKU, dan memotong BULU KEMALUAN.” (Bukhari & Muslim)
5. ”AL-TALBINAH adalah penawar untuk HATI yang sakit, ia dapat menghilangkan berbagai macam KESEDIHAN.” (Bukhari dan Muslim)
6. “Aku membersihkan darah-darah akibat pemukulan itu dengan air ZAM-ZAM, lalu aku meminum air ZAM-ZAM, selama tiga puluh hari di antara siang dan malam hanya mengkonsumsi air ZAM-ZAM tanpa makan, sehingga KEMBUNG hingga lehet perutku mekar dan saya tidak merasakan PERUTKU LEMAH karena LAPAR.” (HR Muslim, Ahmad, Abu Daud)
7. ”Barang siapa yang banyak BERSEDIH maka fisiknya akan mengalami SAKIT.” (HR Ahmad)
8. “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal) yang MENYEDIHKAN dan MENYUSAHKAN, LEMAH DAN MALAS, BAKHIL dan PENAKUT, UTANG (yang menyibukkan pikiran dan mengacaukan hatiku) dan laki-laki yang menindasku.” (HR Bukhari)
9. ”BERAS GANDUM adalah dapat menenangkan JIWA penderita dan menghilangkan KESEDIHAN.” (HR Bukhari dan Muslim)
10. ”CENDAWAN sebangsa AL-MANN airnya dapat menyembuhkan MATA.” (HR Bukhari, Muslim dan Turmudzi)
11. “Barang siapa yang diberikan minuman SUSU oleh Allah; maka hendaklah ia membaca; yaa Allah, berikanlah BERKAH-Mu pada minuman ini dan tambahkanlah KARUNIA-Mu dari jenis minum ini, karena sesungguhnya air SUSU tidak dapat ditandingi dari semua jenis makanan dan minuman.” (HR An-Nasai)
12. Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw bersabda, “Setiap ANGGOTA BADAN manusia wajib atasnya SEDEKAH, setiap hari bila terbit matahari engkau damaikan antara dua orang yang berselisih, itu adalah SEDEKAH dan menolong orang berkenaan dengan kendaraannya, engkau mengangkatnya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya, itu adalah SEDEKAH dan setiap langkah untuk shalat adalah SEDEKAH. Dan menyingkirkan sesuatu rintangan dari jalan adalah SEDEKAH.”
(HR. Bukhari & Muslim)
13. Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): Seharusnyalah orang yang BERAKALitu membagi (waktunya) menjadi tiga jam: satu jam untuk BERZIKIR dan BERDOA kepada Allah, satu jam untuk mengadakan perhitungan terhadap DIRINYA SENDIRI dan satu jam lagi untuk keperluan MAKAN & MINUMNYA.” (HR. Ibnu Hibban, dari Abu Dzar)
14. Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): “Wahai Adam! Habiskanlah waktumu untuk BERIBADAH kepada-Ku; niscaya Aku isi DADAMU dengan PERASAAN KAYA dan Aku tutup lubang-lubang kemiskinanmu. Dan jika engkau tidak berbuat demikian Aku isi TANGANMU dengan kesulitan dan tidak Aku tutup lubang-lubang kemiskinanmu.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah & Hakim dari Abu Hurairah)
15. “Ada dua perkara yang tidak bakal ditemukan dalam pribadi orang MUNAFIK, yaitu bagusnya TINGKAH LAKU dan pandai dalam masalah AGAMA”.(HR.Tirmidzy)
16. “Ibn’Abbas r.a. berkata: Bersabda Rasulullah SAW: Dua NIKMAT yang kebanyakan manusia tertipu (rugi) olehnya, yaitu SEHAT & ISTIRAHAT”. (HR.Bukhari)
17. Penghuni surga MAKAN & MINUM tanpa BERINGUS, buang AIR BESAR, atau buang AIR KECIL. Makanan yang mereka santap akan berubah menjadi PELUH seperti tetes-tetes kesturi. Mereka mengalunkan TASBIH (Subhanallah) dan TAKBIR (Allahu Akbar) seiring dengan irama NAPAS.” (HR.Muslim)
18. “Barangsiapa yang berada dalam keadaan AMAN di tengah kaumnya, SEHAT TUBUHNYA, ada yang akan DIMAKAN hari itu maka sepertinya DUNIA telah digiring kepadanya dengan segala isinya.” (Tirmidzi)
19. ”Barang siapa yang senantiasa meminta ampunan (BERISTIGHFAR) maka Allah akan melapangkan dirinya dari KESUSAHAN, dan memberikanjalan keluar dari KESEMPITAN, serta KARUNIA (REZEKI) yang tiada disangka-sangka.”(HR Muslim)
20. Abu Malik Al-Sj’ary r.a, berkata: Rasulullah SAW bersabda: Kebersihan itu separoh dari IMAN, dan alhamdulillah itu dapat memenuhi timbangan AMAL, dan subhanallahi walhamdulillahi memenuhi antara LANGIT & BUMI. (HR.Muslim)
21. Abu hurairah r.a, berkata: Rasulullah SAW bersabda: Kalau aku membaca: subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, maka bacaan itu lebih aku gemari dari pada mendapatkan KEKAYAAN sebanyak apa yang ada DI BAWAH SINAR MATAHARI. (HR.Muslim)
22. Orang yang MENGUNJUNGI ORANG SAKIT (akan berada) pada kebun buah-buahan di syurga hingga orang itu kembali. (HR.Muslim)

0 comments:

Post a Comment