We provide services including consultancy, training, implementation, customization and maintenance support.

Friday 1 September 2023

3 DOA MEMINTA REZEKI YANG BERLIMPAH SERTA BERKAH

Selain bekerja keras, berdoa juga merupakan bentuk upaya agar mendapatkan rezeki yang berlimpah dan barokah.

Dalam agama Islam, sumber rezeki ada tiga macam. Rezeki yang pertama akan datang ketika seseorang mencarinya. Rezeki yang ke dua akan datang ketika Allah yang memberi secara tak terduga. Dan rezeki yang ke tiga adalah sesuatu yang datang kepadamu karena pernah memberi.
Bukan hanya uang, rezeki beragam bentuknya, seperti teman yang baik, keluarga yang harmonis, anak yang saleh atau salehah, dan lain sebagainya.
Untuk mendapatkan rezeki berupa uang, seseorang wajib bekerja keras untuk menjemputnya. Selain bekerja keras, berdoa juga merupakan bentuk upaya agar mendapatkan rezeki yang berlimpah dan barokah.
Doa meminta rezeki yang berlimpah perlu dibaca setiap hari agar kamu mendapatkan rezeki berkah dari Allah SWT.
Berikut bacaan doa meminta rezeki yang berlimpah serta barokah, dirangkum dari berbagai sumber.

DOA MEMINTA REZEKI YG BERLIMPAH 1
Membaca doa adalah wujud pengharapan kepada Tuhan agar terkabulkan keinginan seseorang. Meminta rezeki kepada Allah adalah sebuah keharusan, karena hanya Allah-lah tempat kita meminta. Justru apabila kita meminta kepada selain Dia, maka kita akan jatuh ke dalam lubang kemusyrikan.
Berikut bacaan doa meminta rezeki yang berlimpah yang bersumber dari ayat Al Quran Surat Al Maidah ayat 114:

 رَبَّنَآ أَنزِلۡ عَلَيۡنَا مَآٮِٕدَةً۬ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدً۬ا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً۬ مِّنكَ‌ۖ وَٱرۡزُقۡنَا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلرَّٲزِقِينَ (١١٤)
Rabbana anzil 'alaina ma'idatam minas sama'i takunu lana 'idal li' awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.
Artinya:
" Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama."

DOA MEMINTA REZEKI YG BERLIMPAH 2
Selain doa meminta rezeki yang berlimpah di atas, terdapat doa lain yang bisa kamu baca setiap hari. Berikut bacaan doanya:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma inni as-aluka an tarzuqoni rizqon halalan wasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wala masyaqqotin wala dhoirin wala nashobin innaka ‘ala kulli syai-in qodir.
Artinya:
" Ya Allah, aku minta pada Engkau agar melimpahiku rizki yang halal, luas, dan baik tanpa kesusahan, tanpa kemelaratan dan tanpa kepayahan. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

DOA MEMINTA REZEKI YG BERLIMPAH 3
Masih ada lagi bacaan doa meminta rezeki yang berlimpah lainnya. Karena rezeki bisa berupa banyak hal, seperti ilmu yang bermanfaat dan kesehatan. Berikut bacaan doa meminta rezeki yang berlimpah lainnya:

اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داء
Artinya:
“ Ya Allah, aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”
4 CARA MENDAPATKAN REZEKI YG BERKAH
Setelah mengetahui bacaan doa yang diamalkan agar mendapatkan rezeki yang melimpah dan barokah, sahabat Dream juga perlu mengetahui cara-cara untuk mendapatkan rezeki yang barokah. Berikut adalah cara-caranya yang bisa dilakukan sahabat Dream:
1. BANYAK MEMBACA ISTIGHFAR
Islam sangat mengajurkan umatnya agar banyak membaca istighfar sebagai upaya memohon ampun kepada Allah SWT. Mengingat sebagai manusia tidaklah terlepas dari dosa. Oleh karena itu, mohon ampunlah kepada-Nya melalui istighfar.
Istighfar juga menjadi jalan pembuka hadirnya rezeki. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran melalui surat Nuh ayat 10 sampai 12 berikut:
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ اِنَّهٗ كَانَ غَفَّارًاۙ يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًاۙ وَّيُمْدِدْكُمْ بِاَمْوَالٍ وَّبَنِيْنَ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ جَنّٰتٍ وَّيَجْعَلْ لَّكُمْ اَنْهٰرًاۗ
Artinya: “ Maka aku berkata (kepada mereka), “ Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10 - 12)
2. MENJALIN SILATURAHIM
Dalam hidup berdampingan, maka jangan lupa untuk selalu menjalin silaturahmi dengan teman maupun saudara. Karena dengan menjalin silaturahmi, maka hubungan pun akan semakin baik dan bisa melapangkan jalan rezeki. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis berikut:
“ Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)
3. BANYAK BERSEDEKAH
Bersedakah menjadi salah satu yang diperintahkan dalam agama Islam. Dengan bersedekah pun tidak akan membuat seseorang menjadi miskin, justru Allah SWT akan menambah nikmatnya. Lakukanlah sedekah meski tidak dalam jumlah yang banyak, karena hal ini bisa melapangkan rezeki. Seperti yang dijelaskan dalam surat Saba ayat 39 berikut:
قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ
Artinya: “ Katakanlah, “ Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba: 39).
4. BERTAKWA & BERTAWAKAL
Untuk mendapatkan rezeki yang barokah, maka tetaplah bertakwa dan bertawakal kepada Allah SWT. Karena Allah SWT lah sebagai pemilik rezeki bagi setiap manusia. Dengan bertakwa dan bertawakal, maka Allah SWT akan menghadirkan rezeki dari arah yang tidak disangka oleh manusia. Seperti yang dijelaskan dalam surat Ath-Thalaq ayat 2 sampai 3 berikut:
وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ
Artinya: “ Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya.” (QS. Ath-Thalaq: 2 – 3)
3 CIRI-CIRI REZEKI YG BERKAH
Bagi seorang umat Islam, penting sekali untuk mendapatkan rezeki yang berkah. Karena hal tersebut adalah bagian dari perintah Allah SWT. Lalu, bagimana ciri-ciri dari rezeki yang berkah? Berikut uraiannya yang perlu sahabat Dream ketahui:
1. Merasa Cukup dan Bersyukur atas Nikmat yang Allah SWT Berikan
Ciri yang pertama berkahnya rezeki adalah merasa cukup dan bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan. Nikmat yang diberikan Allah SWT sangatlah banyak. Ada nikmat kehidupan, nikmat harta, nikmat makanan dan minuman, dan masih banyak lagi. Sebagai umat-Nya, tentu sampai kapanpun tidak akan bisa membalas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Sehingga haruslah mensyukurinya.
Seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 172 berikut:
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَاشْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ
Artinya: " Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya." (QS. Al-Baqarah: 172)
2. Merasa Tenang dan Semakin Dekat dengan Allah SWT
Ciri kedua rezeki yang berkah adalah merasa tenang dan semakin dekat dengan Allah SWT. Ya, jika segala sesuatu yang sahabat Dream lakukan disertai dengan niat kepada Allah SWT semata, maka insya Allah hati akan selalu merasa tenang dan diri ini pun merasa semakin dekat dengan Allah SWT.
Sebagaimana dijelaskan dalam surat At-Talaq ayat 2 sampai 3 berikut:
وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ
وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗ
Artinya: " Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (QS. At-Talaq: 2 - 3)
3. Kaya dengan Bersedekah
Rezeki yang berkah bisa didapatkan jika sahabat Dream rajin bersedekah. Dengan bersedekah, hal tersebut tidak akan membuat kamu menjadi miskin. Justru dengan bersedekah, maka harta akan menjadi berkah. Seperti yang dijelaskan dalam surat Saba ayat 39 berikut:
قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ
Artinya: " Katakanlah, “ Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS. Saba: 39)

0 comments:

Post a Comment