We provide services including consultancy, training, implementation, customization and maintenance support.

Tuesday 23 April 2024

DOA & DZIKIR

DOA & DZIKIR

DOA

Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): Seharusnyalah orang yang BERAKAL itu membagi (waktunya) menjadi tiga jam: satu jam untuk BERZIKIR dan BERDOA kepada Allah, satu jam untuk mengadakan perhitungan terhadap DIRINYA SENDIRI dan satu jam lagi untuk keperluan MAKAN & MINUMNYA.” (HR. Ibnu Hibban, dari Abu Dzar)

Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda: 

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذَهِ اْلأُمَّةَ بِضَعِيْفِهَا: بِدَعْوَتِهِمْ، وَصَلاَتِهِمْ، وَإِخْلاَصِهِمْ. 

"Sesungguhnya Allah menolong ummat ini dengan sebab orang-orang lemah mereka di antara mereka, yaitu dengan DOA, SHALAT, dan KEIKHLASAN mereka".(HR. an-Nasâ`i)

"DOA itu adalah SENJATA bagi orang-orang yang beriman, PENEGAK AGAMA, dan CAHAYA bagi LANGIT & BUMI.” (HR.Al Hakim)

"Peliharalah HARTA BENDAMU dengan cara mengeluarkan ZAKAT. Dan OBATILAH PENYAKITMU dengan SEDEKAH. Dan HADAPILAH COBAAN YANG DATANG BERTUBI-TUBI DENGAN DOA dan merendahkan diri kepada Allah.” (HR. Abu Daud)

خِيَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُحِبُّونَهُمْ وَيُحِبُّونَكُمْ وَيُصَلُّونَ عَلَيْكُمْ وَتُصَلُّونَ عَلَيْهِمْ وَشِرَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُبْغِضُونَهُمْ وَيُبْغِضُونَكُمْ وَتَلْعَنُونَهُمْ وَيَلْعَنُونَكُمْ

“Sebaik-baik IMAM (PEMIMPIN) kalian adalah yang kalian CINTA dan mereka MENCINTAI kalian, kalian DOAKAN mereka dan mereka MENDOAKAN kalian. Sebaliknya seburuk-buruk imam (pemimpin) kalian adalah yang kalian benci dan mereka membenci mereka, kalian laknat mereka dan mereka melaknat mereka" (HR.Muslim)


DZIKIR

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰ نَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ

"Dan sungguh, telah KAMI MUDAHKAN AL-QUR'AN untuk PERINGATAN, maka adakah orang yang mau MENGAMBIL PELAJARAN?" (QS. Al-Qamar 54: Ayat 17)

Dari Abu sa’id r.a, bersabda Rasulullah saw., “Rabb Tabaraka wa Ta’ala berfirman, ‘ Barang siapa DISIBUKKAN dengan AL-QUR'AN daripada BERDZIKIR dan BERDOA kepada-Ku, niscaya aku beri ia sesuatu yang TERBAIK yang Aku berikan kepada orang yang meminta kepada-Ku. Dan keutamaan Kalamullah terhadap kalam lainnya seperti keutamaan Allah terhadap makhluk-Nya.” [HR.Tirmidzi, Darami, Baihaqi]

 وَا ذْكُرُوا اللّٰهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

"ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung." (QS. Al-Jumu'ah 62: Ayat 10)


اَلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوْبُهُمْ بِذِكْرِ اللّٰهِ ۗ اَ لَا بِذِكْرِ اللّٰهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبُ ۗ 

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan MENGINGAT ALLAH. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah HATI menjadi TENTERAM." (QS. Ar-Ra'd 13: Ayat 28)

Allah SWT berfirman (Hadis Qudsi): Seharusnyalah orang yang BERAKAL itu membagi (waktunya) menjadi tiga jam: satu jam untuk BERZIKIR dan BERDOA kepada Allah, satu jam untuk mengadakan perhitungan terhadap DIRINYA SENDIRI dan satu jam lagi untuk keperluan MAKAN & MINUMNYA.” (HR. Ibnu Hibban, dari Abu Dzar)

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

مَثَلُ الَّذِي يَذْكُرُ رَبَّهُ وَالَّذِي لاَ يَذْكُرُ مَثَلُ الْحَىِّ وَالْمَيِّتِ

“Perumpamaan orang yang BERDZIKIR kepada Rabbnya dan TIDAK BERDZIKIR bagaikan orang HIDUP dan orang MATI.” (HR. Al-Bukhari dari Abu Musa Al-‘Asy’ari)


عن عبد الله بن بسر رضي الله عنه قال: أتى النبي صلى الله عليه وسلم رجل، فقال: يا رسول الله إن شرائع الإسلام قد كثرت علينا، فبابٌ نتمسك به جامع؟ قال: «لا يزال لسانك رَطْبًا من ذكر الله عز وجل ».  

[صحيح] - [رواه الترمذي وابن ماجه وأحمد]

Dari Abdullah bin Bisr -raḍiyallāhu 'anhu- secara marfū', "Seorang lelaki datang kepada Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- lalu berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya SYARIAT-SYARIAT ISLAM TELAH BANYAK KEPADA KAMI, apakah ada satu bab KOMPREHENSIF yang bisa kita pegang?' Beliau bersabda, "BIASAKANLAH LISANMU TERUS-MENERUS BASAH OLEH DZIKIR KEPADA ALLAH 'Azza wa Jalla!"  Hadis sahih - (HR. Tirmidzi, Ibnu Mājah, Ahmad)

“Aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘Ketahuilah, sesungguhnya DUNIA ITU TERLAKNAT. Semua yang ada di dalamnya terlaknat kecuali DZIKRULLAH serta orang yang BERDZIKIR, orang yang BERILMU AGAMA dan orang yang mengajarkan ILMU AGAMA.“ (HR. Tirmidzi)

KLASIFIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN
PERINTAH UNTUK MEMBACANYA
https://hfendi.wordpress.com/perintah-untuk-membacanya/
SERUAN UNT MENDALAMI SCIENCE & TEKNOLOGI
https://hfendi.wordpress.com/seruan-unt-mendalami-science-teknologi/
SERUAN UNT MENCARI ILMU AGAMA
https://hfendi.wordpress.com/seruan-unt-mencari-ilmu-agama/

0 comments:

Post a Comment